Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Bekal kemampuan berbahasa asing memang menjadi hal yang sangat penting di era modern saat ini, sehingga memberikan teknik yang tepat untuk memaksimalkan belajar Bahasa Inggris anak menjadi hal yang perlu diperhatikan.

belajar bahasa inggris untuk anak

Jika bahasa Inggris bukan bahasa ibu mereka, maka Anda perlu berhati-hati juga. Jangan sampai terjadi kebingungan antara bahasa ibu dan bahasa asing yang didengarnya.

Tiap anak berbeda-beda daya serapnya.

Lihat dulu putra-putri Anda. Pahami kemampuan dan daya belajarnya. Sudah siapkah mereka?

Kalau memang sudah, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan Bahasa Inggris pada anak-anak tanpa membuat mereka terpaksa untuk mempelajarinya.

Jadi Anda harus mempertimbangkan dengan baik teknik apa yang harus digunakan untuk anak-anak belajar berbahasa asing terutama Bahasa Inggris.

Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak yang Mudah dan Cepat

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untukĀ  belajar Bahasa Inggris anak agar lebih mudah diterima dan diterapkan.

Tentunya ketelatenan orang tua dan pihak lain yang mengajarkan hal tersebut sangat penting agar anak-anak bisa fasih berbahasa asing dengan baik. Tapi tidak perlu bingung karena Anda bisa menggunakan beberapa teknik mudah yang akan membuat anak-anak juga bisa belajar sambil bermain.

Nah, berikut beberapa teknik belajar Bahasa Inggris untuk anak yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah:

  • Permainan kartu; Cara ini bisa diaplikasikan dengan beragam tema misalnya buah, hewan atau kata lainnya. Kemudian Anda bisa bermain saling menebak nama secara bergantian. Meskipun sederhana tetapi permainan ini bisa menambah kosa kata pada anak-anak.
  • Memanfaatkan buku dongeng berbahasa Inggris juga dapat membantu memudahkan putra-putri Anda untuk mengingat sebuah kosa kata atau bahkan susunan kalimat dalam bahasa asing. Apalagi dengan adanya berbagai macam gambar menarik yang tentunya membuat mereka lebih tertarik dan senang saat sedang belajar.
  • Biasanya anak-anak selalu senang dengan menyanyi, maka Anda juga bisa mengajarkan lagu berbahasa Inggris dan memberitahukan artinya. Sehingga mereka bisa lebih mudah memahami maksud dari lagu yang dinyanyikan sekaligus kosa kata dalam Bahasa Inggris.
  • Menyisipkan pelajaran Bahasa Inggris dalam setiap kegiatan anak-anak. Misalnya ketika bermain Anda menanyakan berbagai macam warna dalam Bahasa Inggris atau kategori lainnya secara perlahan dari waktu ke waktu.
  • Saat ini sudah banyak video yang bisa di-download dengan mudah dan berisikan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak sesuai kisaran usianya. Anda bisa sesekali menggunakannya agar anak tidak bosan dan bisa mendapatkan ilmu baru setiap waktunya.
  • Terus melatih kemampuan Bahasa Inggris pada anak setiap harinya, sehingga mereka bisa terus memperbaiki kosakata hingga pengucapannya menjadi lebih baik. Selain itu dengan terus melatihnya akan menguatkan memori mereka mengenai setiap kata hingga kalimat yang harus dipahami.
  • Belajar singkat namun rutin menjadi metode belajar Bahasa Inggris yang tepat. Anda bisa mengambil waktu kapanpun anak-anak siap dan terus dilakukan setiap harinya. Bahkan untuk anak usia sekolah bisa saja Anda membuat aturan English hour atau English day. Jadinya suasana belajar bersama akan lebih menyenangkan namun tetap edukatif

Memperhatikan Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Inggris Anak

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi proses berpikir anak untuk menerima pelajaran darimanapun sumbernya. Meskipun anda sudah mengajaknya bermain tetapi jika anak sedang tidak pada kondisi fokus maka pembelajaran tersebut tidak akan membuahkan hasil apapun.

belajar bahasa inggris anakArtinya, dalam hal ini Anda harus mempertimbangkan dan memperhatikan dengan baik bagaimana cara mengetahui waktu yang tepat bagi anak-anak untuk bisa menangkap pembelajaran yang diberikan.

Pada dasarnya anak-anak sangat mudah menyerap berbagai hal yang diajarkan oleh orang-orang di sekitarnya termasuk belajar Bahasa Inggris anak.

Namun tentunya harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan rentang usia mereka masing-masing. Apalagi batas kemampuan masing-masing anak juga berbeda, sehingga hal tersebut perlu anda pahami dengan baik.

Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran pada anak :

  • Anda harus membuat perhatian anak tertuju pada apa yang sedang dipelajari. Maka penggunaan alat bantu seperti boneka atau permainan lainnya akan sangat membantu untuk meningkatkan perhatian mereka.
  • Memastikan suasana belajar selalu menyenangkan dan nyaman. Sehingga mereka juga tidak akan merasa tertekan atau dibebani selama menyerap pembelajarannya. Anda juga harus memahami setiap kesalahan yang mereka lakukan dan tidak bosan untuk memperbaikinya.
  • Dengan memahami bakat anak untuk menyerap pelajaran bahasa, maka Anda tidak boleh membanding-bandingkannya dengan anak lainnya. Tiap anak memiliki bakat dan minat yang berbeda. Oleh karenanya kembangkan potensi yang sudah dimiliki oleh anak Anda.
  • Pastikan kesiapan mereka untuk memberikan reaksi yang tepat ketika sedang belajar. Anda harus melihat mood anak sehingga mereka bisa menerima setiap pelajaran yang diberikan meskipun hanya sesederhana menambah kosakata.
  • Berikan perhatian sepenuhnya dengan menatap mata mereka ketika sedang mengajarkan kosakata baru atau pembelajaran Bahasa Inggris dengan berbagai cara. Dengan begitu mereka akan merasa bahwa perhatian Anda sepenuhnya untuk mereka. Secara psikologis hal tersebut sangat mempengaruhi pembelajarannya
  • Menyesuaikan waktu yang tepat, yaitu memperhatikan kematangan anak untuk memahami sesuatu yang abstrak. Anda harus bisa menjelaskan sesuatu sesuai dengan tingkat kematangan usia mereka. Oleh karena itu, pahami lebih dulu tingkat berpikir anak sesuai usianya baru kemudian bisa lebih mudah menemukan sistem belajar seperti apa yang bisa lebih mudah untuk mereka terima.

Tidak perlu khawatir karena dengan sering belajar bersama anak, Anda akan menemukan cara terbaik untuk memberikan pembelajaran pada mereka.

Apalagi sebagai orang tua tentu mengetahui dengan baik apa yang mereka sukai dan tidak. Hal tersebut bisa menjadi modal utama untuk dijadikan pedoman pemilihan metode pembelajaran yang tepat.

Apalagi belajar Bahasa Inggris untuk anak dengan benar perlu adanya tahapan-tahapan mulai dari pemahaman kosa kata hingga mampu merangkai kalimat dengan tepat tentunya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *