Greetings (Ternyata) Tidak Cuma ‘Hello’ Atau ‘How Are You?’

Saat pertama kali berjibaku dengan kosakata-kosakata baru bahasa Inggris waktu dulu (mungkin sampai sekarang), Anda pasti tidak lepas dari yang namanya 'greeting'.

Tak dipungkiri memang, greeting yang berarti sapaan ini kerap menjadi awal proses belajar bahasa Inggris kita. Dan kalau saya tanya: Apa sih yang paling membekas dalam memori Anda terkait bersua dengan seseorang dan menanyakan kabar?

belajar bahasa inggris greetingsBisa jadi Anda akan lantang merespon: "Hello" dan "How are you?"

Ya saya sepakat. Kedua sapaan tersebut seolah menjadi icon belajar greeting bahasa Inggris kita pertama kali. "Hello" dan "Apa kabarmu?" ini seakan menjadi penanda dimulainya proses peng-input'an database vocabs bahasa Inggris ke otak kita selain "What's your name?".

Namun, apakah hanya sebatas dua itu? Tahukah Anda bahwa penutur asli bahasa Inggris yang berada nun jauh di sana tidak melulu mengucapkan kedua greeting itu saja?

Ada greeting umum, business & formal greeting, bahkan ada juga slank greeting. Tergantung keakraban, situasi maupun kondisi.

Ditemani segelas jeruk manis hangat dan sebuah laptop usang, saya mencoba merangkum macam-macamnya sebagai pengaya kosakata dalam proses belajar bahasa Inggris Anda.

Apa saja? Mari kita ulas satu persatu.

Greetings Umum

Kalau kita bicara greetings umum artinya kita sedang membahas greetings yang LAZIM diucapkan di negara-negara berbahasa Inggris. Lumrahnya diucapkan dalam kondisi yang casual atau santai dan diperuntukkan bagi kerabat atau keluarga dan rekan-rekan terdekat kita. Dengan kata lain orang-orang yang sudah kita kenal baik dan sudah akrab. Apa saja? Simak beberapa di antaranya:

1. "Hi" dan "Hey"

Dua variasi sapaan (greeting) ini bisa kita pakai menggantikan 'Hello'. Greeting 'Hi' lumrah dipakai di kalangan anak muda dan mereka yang sudah saling kenal dan akrab maupun baru bertemu pertama kali, serta diucapkan dalam acara casual atau santai. Sedangkan "Hey" lazimnya diucapkan untuk orang yang sudah saling kenal. "Hey" sendiri tidak mesti bermakna "Hello", karena sapaan ini juga bisa diucapkan untuk memanggil seseorang (meskipun belum kenal sebelumnya).

2. "How's it going?" dan "How are you doing?"

Greeting sejuta umat "How are you?" acap diucapkan waktu bertemu seseorang. Saking banyak dan seringnya sampai-sampai menjadi (seolah-olah) greeting wajib di sekolah-sekolah dan kursus bahasa Inggris. Betul ya? Tidak salah memang. Tapi kalau Anda mau sedikit casual, Anda bisa mengucapkan greeting: "How's it going?" atau "How're you doing?" sebagai gantinya. Lalu cara menjawabnya bagaimana? Cukup dengan: "It's going well" atau "I'm doing well". Bahkan banyak orang yang menjawab singkat: "good" ataupun "fine".

3. "What's up?", "What's new?" dan "What's going on?"

Ketiga greeting ini juga lumrah dan kerap diucapkan untuk orang yang sudah kita kenal sebelumnya dan diaplikasikan dalam kondisi casual atau santai. Kebanyakan orang akan merespon dengan: "nothing" atau "not much". Atau kalau memang Anda sedang punya kabar or berita baru, bisa saja Anda merespon dengan menyampaikan kabar baru tersebut untuk memulai percakapan. Greeting "What's up?" juga acap ditambahi kata "man", "bro", atau "dude". Contohnya: "What's up man?" atau "What's up dude?" (Artinya kurang lebih: "Apa kabar sobat?")

4. "How's everything?", "How are things?", dan "How's life?"

Greeting tiga bersaudara ini kurang lebih sama dengan poin greeting nomor tiga di atas. Yakni untuk menyapa orang yang sudah kita kenal sebelumnya. Untuk suasana casual juga. Cara menjawabnya? Cukup dengan: "Good" atau "Not bad". Setali tiga uang dengan greeting nomor tiga, Anda juga bisa meresponnya dengan mengabarkan kondisi Anda saat ini sebelum bertanya balik: "How about you?"

5. "How's your day?" dan "How's your day going?"

Sedikit beda dengan greeting "How are you?", kedua greeting ini TIDAK HANYA menanyakan kabar Anda saat ini, tetapi lebih melebar pada bagaimana kabar Anda SEHARIAN ini. Kebanyakan dipakai untuk orang-orang yang tinggal tidak jauh dengan kita. Atau sering bertemu. Misalnya Anda ucapkan kepada tetangga Anda yang berpapasan di tempat laundry, ataupun pas sama-sama mengantri di bank. Untuk menjawabnya juga gampang. Bilang saja: "It's going well." Mau lebih mudah lagi? Cukup jawab dengan senyum manis: "good" atau "fine".

6. "Nice to see you" dan "Good to see you"

Greeting ini pas diucapkan untuk keluarga dekat, sahabat ataupun rekan yang sudah BEBERAPA WAKTU tidak ketemu. Lazim diikuti dengan jabat tangan, tepukan di bahu atau bahkan pelukan - tergantung kedekatan Anda dan orang yang Anda jumpai tersebut.

7. "Long time no see" dan "It's been a while"

Agak berbeda dengan greeting nomor enam, dua greeting yang ini kita pakai saat bertemu kerabat ataupun rekan yang sudah LAMA SEKALI tidak bersua. Berapa lama pastinya? Tergantung seberapa sering Anda bertemu biasanya. Jika Anda biasanya ketemu orang tersebut tiap hari atau tiap minggu, lalu tiba-tiba ia seolah menghilang ditelan bumi selama beberapa bulan atau bahkan tahun, dan sontak mendadak muncul diĀ  tempat yang sama dengan Anda, maka greeting ini cocok diucapkan. Jabatan tangan, tepukan di bahu atau pelukan kerap menyertai greeting ini juga. Dan acap diikuti dengan pertanyaan seperti: "How are you?" atau "How have you been?"

Business Greetings dan Formal Greetings

Sudah tentu saat Anda menyapa Bos pasti berbeda dengan ketika Anda say "hi" ke kawan kos. Harus lebih formal. Diikuti nada dan sikap Anda tentunya. Begitu pula mengucapkan greeting untuk orang-orang yang lebih tua. Greeting nomor delapan sampai sebelas di bawah ini bisa Anda jadikan acuan saat menyapa dalam situasi formal.

8. "Good morning", "Good afternoon" dan "Good evening"

Tak pelak ketiga sapaan alias greetings ini juga acap menjadi santapan wajib kita saat belajar bahasa Inggris dulu (mungkin hingga sekarang). Greeting fenomenal yang kudu kita hapal luar kepala untuk menyapa seseorang. Masuk ke dalam jajaran greeting formal. Biasanya sering disingkat pengucapannya menjadi "morning", "afternoon", atau "evening" saja. Tergantung pagi, siang atau malam bertemunya. Sebagai catatan, ada perbedaan dan jangan sampai keliru antara "Good evening" dan "Good night". Perbedaannya dan ulasan komplit bisa Anda temukan di sini.

9. "It's nice to meet you", dan "Pleased to meet you"

Ketika Anda berjumpa atau berkenalan dengan seseorang untuk PERTAMA KALI-nya, Anda bisa memakai kedua greetings ini. Karena keduanya bermakna "Senang bertemu Anda." Tetap diterapkan dalam situasi formal. Misalnya saat Anda diundang pertama kali oleh rekan bisnis baru Anda di restoran. Untuk perjumpaan selanjutnya, cukup ucapkan "It's nice to meet you again" atau "Pleased to meet you again" (Senang bertemu Anda kembali).

10. "How have you been?"

Greeting formal ini diucapkan untuk orang yang sudah saling kenal atau bertemu sebelumnya. Maksud dari greeting atau pertanyaan ini adalah untuk menanyakan kabar sejak terakhir bertemu. Untuk menjawab greeting ini banyak orang merespon pendek: "good" atau "fine". Namun saran saya, agar kemampuan Anda juga bertambah, sebaiknya Anda berikan jawaban lebih panjang, misal: "I'm good and a little bit busy. I've been working non-stop lately."

11. "How do you do?"

Jika Anda sedang dalam situasi yang SANGAT FORMAL alias RESMI, maka pemakaian greeting ini tepat sasaran. Lazim diiringi jabat tangan atau sekedar anggukan kepala. Jika diucapkan sapaan ini, Anda bisa jawab: "I'm doing well". Tapi lazim juga beberapa orang menjawab balik dengan greeting yang sama: "How do you do?"

Slank Greetings

Kalau Anda sering dengar istilah 'slengekan' yang kurang lebih maknanya 'seenaknya sendiri', ya seperti itulah makna dari slank greetings. Berkebalikan 180 derajat dengan general maupun formal greeting, slank greeting dipakai dalam suasana yang SANGAT INFORMAL alias VERY CASUAL atau SANGAT SANTAI. Ditujukan untuk teman atau kerabat dekat yang sudah SANGAT AKBRAB. Tapi perlu diingat, slank greetings BERBEDA-BEDA di tiap wilayah. Slank greetings yang mungkin lazim di Amerika bisa jadi terdengar aneh di Australia atau Inggris, dan begitu pula sebaliknya. Jadi Anda mesti hati-hati dan paham slank greeting lokal di masing-masing wilayah.

12. "Yo!"

Andaikan Anda sedang bertualang ke negara Paman Sam alias Amerika, slank greeting ini kerap terdengar. Khususnya di kalangan anak muda di sana atau antar sobat karib. Berawal dari slank hip-hop tahun 1990an. Kalau Anda mau mempraktekkan, pastikan dengan sobat or orang dekat Anda ya.

13. "Are you OK?" dan "You alright?"

Greeting ini biasa terdengar dalam suasana santai di negara Inggris. Untuk merespon ucapan greeting model ini, Anda bisa bilang: "fine" atau "yeah".

14. "Howdy!"

Banyak yang menyebutkan slank greeting ini sebagai kependekan dari "How do you do?". Umum dipakai di Kanada dan beberapa bagian wilayah di Amerika. Tapi jangan coba-coba mengucapkannya di luar wilayah tersebut ya, karena Anda bisa jadi akan dikira sebagai cowboy!

15. "Sup?" dan "Whazzup?"

Greeting ini banyak dipakai di kalangan anak muda sebagai kependekan dari "What's Up?". Untuk meresponnya, cukup bilang: "nothing" atau "not much". Dan seperti greeting casual nomor tiga, Greeting "Sup?" dan "Whazzup?" juga bisa dan kerap ditambahi kata "man", "bro", atau "dude".

16. "G'day mate!"

Kata g'day di sini adalah kependekan dari 'good day'. Greeting yang lazim diucapkan di negara Australia ini biasanya juga memakai kata 'ya' sebagai ganti dari 'you'. Misalnya: "How are ya?" maksudnya sama dengan "How are you?"

Nah, beberapa opsi greetings di atas sudah menambah daftar kosakata baru Anda. Belajar bahasa Inggris Anda sudah naik peringkat.

Pilih greeting yang mana? Saya akan bilang: Tergantung dengan siapa, dimana dan dalam situasi yang bagaimana.

Kalau sudah tau? Bebas-bebas saja mau mengimplementasikan yang manapun.

Okay?!

Selamat mencoba aneka greetings!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *