Berbahasa Inggris pinter dibantu Harry Potter

Siapa yang tidak suka menonton film? Kita rasanya bisa sepakat kalau sebagian besar dari kita suka menghabiskan waktu luang dengan menonton film yang kita sukai. Entah di bioskop ataupun di rumah.

Saat ini sudah banyak sekali film-film asing yang membanjir masuk ke Indonesia. Dan film berbahasa Inggris sejauh ini hanyalah sebagai tontonan untuk memberikan hiburan atau kesenangan semata. Benar, kan?! šŸ™‚

kursus conversationNah, disadari atau tidak, suatu film memiliki daya tarik yang luar biasa terhadap para penontonnya, sehingga tanpa terasa mereka telah berlama-lama di depan televisi untuk menikmati tayangan atau tontonan film tersebut.

Dan bahkan mereka seringkali tidak ingat dengan tugas, kewajiban, atau kegiatan lain yang juga perlu ditunaikan atau diselesaikan pada saat itu.

Maka, nonton filmpun bisa menjadi kurang baik atau kurang menguntungkan bagi mereka karena tidak memberikan suatu manfaat, sebaliknya malah membuat dirinya terlena atau lalai terhadaphal-hal yang lainnya.

Film berbahasa Inggris sebenarnya juga bisa menjadi media untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris, terutama pendengaran, pengucapan, dan penggunaan kosa kata.atau ungkapan yang ada. Pada saat menonton film berbahasa Inggris, secara langsung penonton mendengar bagaimana para pemain film mengucapkan kosa kata atau ungkapan tertentu, baik terdapat terjemahan teks bahasa Indonesia maupun tidak ada terjemahannya di dalam film tersebut.

Kadangkala kosa kata atau ungkapan yang seseorang dengar dari suatu film tidak diketahui sebelumnya sehingga membuat kesulitan atau kebingunganĀ  untuk menyimak dan memahaminya dengan baik karena kosa kata atau ungkapan tersebut masih asing bagi dirinya. Setidaknya penonton film tidak hanya mendapatkan hiburan saja, tetapi mereka juga melatih pendengaran dan mengenal pengucapan kosa kata atau ungkapan bahasa Inggris secara bertahap.

Beberapa tahapan yang bisa dilakukan penonton film berbahasa Inggris agar tidak hanya mendapatkan hiburan saja tetapi juga pengetahuan bahasa Inggris, yakni:

  • tontonlah film berbahasa Inggris yang ceritanya menarik dan menyenangkan
  • jika menonton menggunakan DVD player, cobalah menonaktifkan fiturĀ subtitle-nya, sehingga Anda 'dipaksa' untuk mendengar apa yang dipercakapkan para aktor/aktrisnya
  • ikutilah film berbahasa Inggris dengan aktif, konsentrasi dan seksama
  • ingatlah pengucapan kosa kata atau ungkapan dalam film yang sekiranya baru
  • camkan penggunaan kosa kata atau ungkapan dalam film yang sekiranya penting
  • praktekkan kosa kata atau ungkapan dalam film secara nyata ketika diperlukan
  • bila mengalami kesulitan, gunakan kamus bahasa Inggris untuk mencari arti kata atau sumber lain untuk memahami penggunaan kosa kata atau ungkapan dalam film
  • bila masih sulit, tanyakan seseorang yang memiliki kompetensi, keahlian atau pengetahuan bahasa Inggris dengan baik

Ada beberapa cara atau tahapan lain yang lebih sistematis yakni melalui pendidikan atau pelatihan non formal seperti kursus bahasa Inggris.

Di lembaga kursus bahasa Inggris, para peserta belajar dapat mempelajari bahasa Inggris yang didukung dengan media pembelajaran misalnya, televisi, tape slide, gambar, kartu, mainan atau realia. dan perangkat pengajaranĀ  dimana lembaga pendidikan tersebut telah menyediakan atau menyusun materi kursus berdasarkan level yang dilengkapi dengan silabus dan rencana pengajaran, termasuk penggunaan media, alat dan bahan pembelajaran.

Dengan demikian, menonton film berbahasa Inggris merupakan bagian dari rangkaian kegiatan belajar karena media televisi digunakan untuk memberikan penjelasan dan pemahaman materi kepada para peserta belajar atau melatih kemampuan pendengaran, menulis atauberbicara bahasa Inggris mereka dengan adanya tayangan film tersebut.

kursus bahasa inggris conversationNah, jika Anda menonton film DVD Harry Potter misalnya. Cobalah untuk tidak melihat teks terjemahannya. Akan lebih baik lagi seandainya Anda menontonnya di DVD player, karena perangkat ini dapat menonaktifkan fungsi subtitle.

Dengarkanlah setiap percakapan dengan baik serta bahasa tubuh aktor/aktrisnya. Pelajari ungkapan-ungkapan atau ekspresi yang mereka pakai. Nah, di sini proses belajar terjadi. Nanti setelahnya Anda boleh mengaktifkan kembali subtitle-nya. Tapi ingat, subtitle yang diaktifkan di sini adalah yang BAHASA INGGRIS :). Iya dong, jadi Anda akan memahami lebih jelas.

Artinya, Harry Potter tidak sekedar menghibur Anda, tetapi juga meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Jadi, sambil menikmati film, Anda sekaligus menyerap ilmu :).

Bagaimana menurut Anda?

Written by Mr. Ismu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *