Anda Mungkin Belum Tahu! 23 Cara Mengatakan ‘Terima Kasih’ Dalam Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris thank you

Saya dan Anda hidup dalam sebuah komunitas. Dalam sebuah wadah raksasa berisi manusia-manusia dengan berbagai ragam watak dan aktivitasnya.

Tak pelak kehidupan bersosialisasi ini membutuhkan interaksi satu dan lainnya. Yang satu menyuruh, yang lain melakukan. Yang satu bertanya, yang lain menjawab. Yang satu memberi, yang lain menerima. Begitu terus polanya.

Dalam hal memberi dan menerima, sudah menjadi sebuah kelaziman bahwa kita berterima kasih atas apa yang sudah kita dapatkan. Entah itu sebuah pemberian barang, layanan atau sekedar perbuatan baik dari orang lain.

Seluruh negara dengan budaya dan bahasanya masing-masing di dunia pasti memiliki frase 'Terima Kasih' ini. Baik secara lisan maupun sekedar gesture anggota badan.

Termasuk juga dalam bahasa Inggris. Anda sebagai salah satu pembelajarnya pasti juga dikenalkan cara berterima kasih dalam bahasa Inggris. Namun berapa cara yang Anda kenal? Lima? Empat? Tiga? Dua? Atau bahkan cuma satu?

Sebenarnya ada banyak mas.

Berikut ini saya akan tunjukkan 23 ucapan 'Terima Kasih' yang bisa Anda praktekkan saat ngobrol dalam bahasa Inggris. Saya bagi dalam beberapa kategori.

Ucapan terima kasih yang umum

Umum di sini berarti sudah lazim dipakai atau diucapkan oleh mayoritas orang. Memang benar. Beberapa ucapan 'terima kasih' di bawah ini adalah ucapan yang paling populer yang diketahui dan dipakai banyak orang. Apa saja? Check these out:

1. "Thank you."

Semua orang yang belajar bahasa Inggris sudah tentu paham ucapan yang mendunia ini. Sebuah ucapan terima kasih simple dan sangat populer yang bisa Anda pakai dalam suasana santai ataupun formal.

2. "Thank you very much."

Ekspresi ini sama maknanya seperti bentuk di atas. Namun ada penekanan dengan tambahan frase 'very much' (banyak) sebagai penanda bahwa pemberi ucapan sungguh-sungguh berterimakasih.

3. "Thanks!"

Untuk ucapan terima kasih yang lebih pendek dan dalam kondisi informal atau santai, Anda bisa memakai model ini. Lazim diucapkan untuk saudara dan teman dekat.

4. "Thanks so much" dan "Thanks a lot"

Sama seperti nomor dua di atas, ucapan ini juga dipakai untuk situasi santai dan akrab. Ada tambahan penekanan 'so much' atau 'a lot' (banyak) sebagai penanda bahwa pemberi ucapan sungguh-sungguh berterimakasih. Ada juga yang bilang: 'Thanks very much.'

5. "Thanks a million."

Salah satu variasi ucapan terima kasih yang informal dan diucapkan ke keluarga dekat atau orang yang sudah akrab.

Ketika seseorang membantu Anda secara spontan dan sukarela

Pernah tidak, ketika misalnya Anda atau istri Anda sedang berdiri menggendong bayi atau anak kecil dalam busway ataupun kereta api yang dalam keadaan penuh, lalu tiba-tiba seorang penumpang yang sedang duduk di kursi berbaik hati menawari Anda tempatnya tanpa Anda minta?

Ataupun saat Anda kerepotan membawa tas belanjaan atau bungkusan barang-barang di dalam supermarket, lalu bingung ketika harus keluar melewati pintu yang tertutup, dan tiba-tiba seseorang dengan spontan membantu membukakan pintu dan mempersilakan Anda keluar terlebih dahulu?

Saya rasa mungkin hampir semua dari kita akan benar-benar berterimakasih kepada orang yang telah sigap dan spontan membantu kita tersebut, bahkan tanpa kita minta lebih dahulu.

Terkait hal tersebut ada beberapa ekspresi dalam bahasa Inggris yang sering diucapkan:

6. "That's very kind of you."

7. "You made my day."

8. "You're awesome!"

Ketiga ucapan di atas kurang lebih memiliki makna yang sama: "Anda baik sekali."

Ketika seseorang melakukan sesuatu yang tidak Anda duga sebelumnya

Semacam kejutan! Yang menyenangkan hati Anda tentunya. Misalnya kawan lama yang sudah tiga tahun tidak berjumpa tiba-tiba nongol di hari ulang tahun Anda sambil membawa lima kotak coklat kesukaan Anda.

Bisa juga pas lagi bokek, cicilan mobil taksi online belum dibayar, anak di rumah sering rewel pula minta main ke Time Zone, eh selesai Anda nyupirin customer di taksi online, tiba-tiba si penumpang bule taksi online Anda nyodoring uang sambil ngomong, "Mr driver, this is five hundred thousands for the charge plus one million for your excellent service." (Pak Supir, ini uang lima ratus ribu untuk ongkosnya, dan saya tambah satu juta untuk layanan Anda yang baik sekali.) Mantab! Anda sebagai supir pasti kaget, bengong, campur happy. Ya ndak?!

Nah, bagaimana ekspresi 'kekagetan' bercampur rasa terimakasih tersebut biasanya tersampaikan? Simak beberapa diantaranya:

9. "I don't know what to say!"

10. "Oh, you shouldn't have!"

11. "How thoughtful of you!"

Kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia, ketiga ucapan di atas kurang lebih memiliki makna seperti ini: 1) "Waduh, saya ndak tau harus ngomong apa", 2) "Oh, sebenarnya ndak usah." 3) "Anda pengertian sekali."

Memang tidak bisa seratus persen sama artinya ya. Tapi paling tidak begitulah kurang lebih kalo misalnya kita sebagai orang Indonesia berucap terimakasih atas bantuan atau pemberian yang tidak kita duga-duga seperti itu.

Ketika seseorang membantu kita meraih prestasi

Meraih prestasi atau kesuksesan memang tidak gampang. Dan hal itu seringkali kita dapatkan dengan dukungan orang-orang terdekat. Bisa jadi orangtua Anda, kakak atau adik Anda, sobat, rekan kerja, atau mungkin kekasih tercinta.

Apa saja contohnya? Banyak banget. Bisa support orangtua dalam studi Anda dari awal sampai Anda lulus dan diwisuda. Atau sobat Anda yang ikutan begadang demi membantu Anda mengetik tugas essay yang seabrek dari dosen. Dan beribu contoh lainnya.

Terus bagaimana ucapan atau kalimat berterimakasih yang lazim disampaikan untuk orang-orang yang telah membantu kita sukses tersebut? Simak dua diantaranya:

12. "I couldn't have done it without you."

Ucapan di atas memiliki arti: "Aku tidak akan bisa melakukannya tanpamu."

13. "I really appreciate what you've done for me."

Kalau yang ini maknanya: "Aku benar-benar menghargai apa yang telah kamu lakukan untukku."

Ketika seseorang membantu kita melalui masa-masa sulit

Tiap orang pasti mengalami masa-masa sulit. Setuju ya? Saya dan Anda pun juga sama. Apa contohnya? Banyak sekali. Contohnya: Saat masih belum dapat pekerjaan, ada saudara yang memberi Anda tumpangan tidur bahkan mungkin makan sekalian. Atau buat Anda anak muda yang barusan diputusin pacar. Sakit. Tapi untung ada sahabat yang setia mendampingi dan tak lupa selalu mengingatkan Anda untuk segera move-on.

Bagaimana mengungkapkan rasa terimakasih atas perhatian dan bantuan orang-orang berhati mulia tersebut? Berikut beberapa contohnya:

14. "I'm really grateful for your help."

Ucapan nomor duabelas di atas memiliki makna: "Aku sungguh berterimakasih atas bantuanmu."

15. "This means a lot to me."

Sedangkan ucapan di atas bermakna: "Hal ini sangat berarti bagiku."

16. "I owe you one."

Ekspresi ini mempunyai arti: "Aku hutang pada kamu." Ucapan ini bisa Anda gunakan ketika seseorang telah sangat banyak membantu kehidupan Anda dan Anda merasa berhutang budi atau materi kepadanya. Meskipun biasanya ia itu tidak mengharap balasan apapun, namun Anda yang berharap suatu hari kelak bisa membalas kebaikan orang tersebut ketika ada kesempatan.

Berterimakasih kepada seseorang untuk hal khusus

Hal khusus yang saya maksud di sini bisa berarti banyak hal. Jika Anda seorang turis dan baru saja mendapat penjelasan setelah bertanya arah kepada orang lokal setempat, Anda bisa ngomong begini:

17. "Thank you for your information."

Atau jika seseorang atau beberapa orang baru saja mengunjungi Anda di rumah, Anda bisa mengucapkan:

18. "Thank you for stopping by."

Artinya: "Terima kasih sudah mampir."

Apa lagi? Oya, ada orang yang menemukan kunci mobil Anda yang terjatuh waktu jalan-jalan di pantai barusan. Anda bisa berucap:

19. "Thank you for finding and returning my car key."

Artinya: "Terima kasih telah menemukan dan mengembalikan kunci mobil saya."

Ucapan terima kasih formal

Dalam bahasa percakapan, ucapan 'Thank you' sudah mewakili ekspresi terima kasih yang bisa dipakai dalam situasi formal maupun informal. Namun untuk bahasa tulis biasanya ada beberapa bentuk yang lazim dipakai.

Surat resmi antar instansi atau kantor, maupun email yang dikirimkan ke pelanggan-pelanggan Anda masuk dalam kategori formal. Lalu bagaimana contoh ekspresi berterima kasih dalam situasi ini? Mari simak beberapa di antaranya:

20. "Thank you for your prompt reply."

Kalimat di atas bermakna: "Terima kasih atas jawaban Anda yang cepat."

21. "Thank you for contacting me."

Artinya: "Terima kasih telah menghubungi saya."

22. "I appreciate your feedback."

Artinya: "Saya menghargai jawaban Anda."

23. "I'm grateful for your assistance."

Artinya: "Saya berterima kasih atas bantuan Anda."

Cara merespon seseorang yang mengucapkan 'Terima Kasih'

Setelah memahami beberapa macam cara berterima kasih kepada orang lain, tentunya Anda juga harus mampu merespon atau menjawab seseorang yang mengucapkan terima kasih kepada Anda.

Ada beberapa ucapan yang lumrah dipakai para penutur asli di negaranya sana.

Untuk suasana formal maupun non-formal, Anda bisa merespon dengan ekspresi:

"You're welcome."

Ini ekspresi yang paling umum dan paling populer untuk menjawab 'Terima Kasih'.

Kalau untuk situasi santai? Anda bisa memakai salah satu berikut ini:

"Don't mention it."

"No worries."

"Not at all."

Apabila seseorang berterimakasih kepada Anda atas pemberian atau layanan yang baik, Anda juga bisa mengungkapkan rasa senang Anda karena telah mendapatkan kesempatan memberi sesuatu atau layanan kepadanya tersebut, dengan cara ngomong:

"It's my pleasure."

"The pleasure's all mine."

Keduanya memiliki makna kurang lebih: "Sayalah yang senang (karena dapat membantu Anda)."

Bagaimana? Apa ucapan favorit Anda? Silakan dipraktekkan semuanya!

Thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *