Indefinite Pronouns

Jika di topik sebelumnya Anda berkenalan dengan Definite Pronouns, kali ini Anda juga perlu berkenalan dengan yang namanya Indefinite Pronouns.

Kok mirip? Apa masih ada hubungan saudara?? Yup! Anda benar.

Bisa dibilang definite dan indefinite pronouns adalah kakak-beradik yang suka bertengkar tapi tetap saudara.

Kok bisa gitu?

indefinite pronouns
Pic taken fr eslbuzz.com

Coba Anda lafalkan lagi pelan-pelan.  In-de-fi-nite pronouns. Sekali lagi. In-de-fi-nite pronouns. Sama-sama bermarga pronouns, hanya ditambah “in” di depannya.

Kurang lebih sama seperti di bahasa Indonesia kalau ada awalan atau dalam bahasa Inggris disebut prefix, berarti kata itu memiliki arti berlawanan dengan yang tidak ada awalannya.

Sekarang tahu kan kenapa saya sebut keduanya seperti kakak-beradik yang suka bertengkar?

Bernostalgia sedikit tentang sosok definite pronouns. Ia adalah kata ganti untuk sesuatu yang sudah spesifik alias sudah jelas. Jadi, pasti Anda sudah bisa menebak apa indefinite pronouns itu.

Awalan “in” di sini memiliki arti “tidak”. Tepat sekali! Indefinite pronouns adalah kata ganti untuk merujuk sesuatu yang katakanlah TIDAK SPESIFIK atau TIDAK JELAS. “GJ” kalau kata kids jaman now hehe.

Untuk mengenal siapa saja yang menjadi bagian dari indefinite pronouns, Anda bisa lihat tabel di bawah ini.

-body -one -thing
Somebody Someone Something
Anybody Anyone Anything
Nobody No one Nothing
Everybody Everyone Everything

Akhiran –body dan –one digunakan untuk kata ganti orang, sedangkan akhiran –thing digunakan untuk kata ganti benda.

Ooh itu yang namanya indefinite pronouns! Kirain apa gitu ya kok namanya keren. Jadi teringat lagu someone like you-nya Adele nih. Never mind I’ll find someone like you~ Nah contoh yang keren sekali. Sekarang setiap Anda menyanyikan lagu itu, Anda tidak hanya teringat pada seseorang yang telah pergi gak jelas, tapi juga pada indefinite pronouns. Good job!

For your information, indefinite pronouns TIDAK PERNAH berbentuk jamak. Apa maksudnya? Coba sebutkan lawan kata jamak apa? Tunggal. Sehingga pasti Anda sering mendengar kalimat:

 "Everything is okay." bukan: "Everything are okay."

"Nothing is impossible." bukan: "Nothing are impossible."

Untuk lebih mudah mengingat formulanya, Anda bisa tanamkan di benak Anda bahwa hal yang tidak spesifik atau nggak jelas (indefinite) itu BIASANYA jomblo (tunggal) maka wajib diikuti kata kerja atau “be” tunggal. 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *