Definite Pronouns

Definite Pronoun. Definite artinya spesifik. Pronoun artinya kata ganti. So, definite pronoun adalah kata ganti untuk sesuatu yang sudah SPESIFIK alias sudah JELAS.

Dalam sebuah hubungan kalau sudah spesifik berarti jelas mau dibawa ke mana, nggak perlu ada gantinya ya hehe. *yang jomblo bapernya nanti saja, sekarang  belajar dulu 😉

definite pronounsOkay, definite pronoun sendiri berfungsi mereduksi pengulangan kata untuk sesuatu yang sudah spesifik atau jelas identitasnya.

Karena manusia cenderung mudah bosan dengan pengulangan, sehingga terbentuklah definite pronoun ini untuk membuat komunikasi Anda baik lisan maupun tulisan lebih asyik tentunya.

Dalam bahasa Inggris, definite pronoun ada 2 jenis: PERSONAL dan DEMONSTRATIVE.

Apa tuh? Gampangannya, kalau PERSONAL ingat kata 'person' yang artinya orang. Tapi, personal definite pronoun ini bukan berarti kata ganti untuk orang saja karena nyatanya hewan dan benda mati juga termasuk.  Tepatnya,  yang personal ini cenderung merujuk ke orang karena sebagian besarnya memang untuk menggantikan orang.

Sedangkan untuk yang DEMONSTRATIVE, jangan ingat demonya loh ya hehe. Kalau yang personal tadi cenderung merujuk ke orang, yang demonstrative ini untuk kata ganti penunjuk.

Bingung? Yuk, simak klasifikasi dan aplikasinya saja.

Personal I, you, they, we, he, she, it, me, her, him, us, them
Demonstrative this, that, these, those

Di grup personal beranggotakan: I, you, they, we, he, she, it, me, her, him, us, dan them. Anda pasti sudah tahu kan artinya?! Untuk yang lupa, nggak apa-apa, coba diingat-ingat sebentar.

Seperti yang saya sampaikan beberapa detik lalu bahwa personal definite pronoun sebagian besar anggotanya untuk menggantikan orang. Clear ya? Clear. SiIp!

Nah di sisi lain, demonstrative beranggotakan: this, that, these, dan those. Namanya saja kata penunjuk ya kan? Kalau di bahasa Indonesia kata penunjuk ada 'ini' dan 'itu'. Kalau di bahasa Inggris, 'ini' dan 'itu' ada 2 bentuk yang masing-masing untuk benda tunggal dan jamak.

Sekarang, Anda telah mengenal member alias anggota Personal dan Demonstrative Definite Pronoun. Selamat!

Next, kita coba belajar mengaplikasikannya ke kalimat ya. Untuk yang personal, saya ambil contoh penggunaan kata ‘she’.

"The girl who is eating ice cream is my niece. She likes ice cream so much."

Di kalimat pertama yang artinya ‘gadis yang sedang makan es krim adalah keponakan saya’ memberikan penjelasan tentang gadis mana yang saya maksud. Yang mana? Ya yang sedang makan es krim.

Anda bisa bayangkan di sebuah taman bermain berkumpul 4 gadis kecil. Tiga diantaranya sedang makan donat, hanya ada 1 gadis yang sedang makan es krim.

Selanjutnya, di kalimat kedua yang artinya ‘dia suka sekali makan es krim’ memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai si gadis ini. Gadis yang mana? Ya yang makan es krim. Di kalimat kedua ini sudah tidak ada lagi kata ‘the girl’, melainkan ‘she’ yang berfungsi menggantikan ‘the girl’ yang sudah dijelaskan di kalimat sebelumnya.

Beralih ke grup demostrative. Saya ambil contoh penggunaan kata ‘those’.

"Today, my mom will cook fried rice for breakfast, chicken soup for lunch, and chicken soto for dinner. Those are my favorite menu."

Sama seperti penjelasan untuk contoh penggunaan ‘she’ di grup Personal Definite Pronoun tadi. Kalimat pertama artinya ‘Hari ini, ibu saya akan memasak nasi goreng untuk sarapan pagi, sup ayam untuk makan siang, dan soto ayam untuk makan malam.’

Di kalimat pertama ini saya menyebutkan beberapa jenis makanan. Selanjutnya, di kalimat kedua yang artinya ‘itu (semua) adalah menu kesukaan saya’ sudah tidak lagi menyebutkan semua jenis makanan di kalimat pertama, melainkan menggantinya dengan ‘those’. Ingat ‘those’ ya bukan ‘that’ karena menu makanan yang saya sebutkan lebih dari satu.

Nah selesai pelajaran Definite Pronouns-nya. Cukup kata saja yang ada penggantinya, kalau belahan hati Anda jangan ya hehe 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *