Adjectives yang Berakhiran -ED dan -ING

Sebelumnya, kita telah mempelajari apa itu adjective. Masih ingat, kan? Ya, adjective adalah KATA SIFAT. Selain yang telah kita pelajari, adjective ternyata juga bisa dibentuk dari verb atau kata kerja yang diberi akhiran -ED atau -ING.

Tapi ada yang sangat perlu diperhatikan tentang perbedaan keduanya.

Adjective ending in -ED

Adjective yang berakhiran -ED digunakan untuk menjelaskan feeling (perasaan) atau emosi. Nah, dikarenakan yang bisa memiliki perasaan hanya manusia dan hewan, adjective berakhiran -ED tidak bisa digunakan untuk menjelaskan benda mati.

Adjective ending in -ING

Sedangkan adjective yang berakhiran -ING digunakan untuk menjelaskan sifat atau karakter seseorang, sesuatu, ataupun situasi.

Sudah paham bedanya? Belum? OK, supaya lebih jelas simak contohnya berikut:

  • I am bored.
  • I am boring.

Anda tentu sangat familiar dengan kalimat di atas ya? Setiap kali merasa bosan, Anda mungkin mengucapkannya. Masalahnya, mana yang Anda ucapkan? 'I am bored' atau 'I am boring'? Biasanya ada juga yang mengatakan lagi boring nih (yang mengacu pada perasaannya). Padahal boring dan bored itu SANGAT BERBEDA artinya.

I am bored --> Saya merasa bosan.

I am boring. --> Saya membosankan.

Nah lho selama ini keliru ya? Termasuk yang suka mengatakan 'lagi boring nih, Guys'. Mulai sekarang diganti ya. Jadi kalimat yang benar adalah 'I am bored' kalau yang Anda maksud adalah Anda merasa bosan.

Tapi, kalau yang Anda maksud memang Anda menganggap diri Anda membosankan, berarti benar mengucapkannya 'I am boring'. Tapi masa iya menganggap diri sendiri membosankan dan mengatakannya pada orang lain? Hehehe

Terus apa contoh untuk adjective ‘boring’?

Banyak mas. Misal:

  • This movie is boring. (Film ini membosankan.)
  • My boyfriend is boring. (Pacarku membosankan.)
  • This boring lesson makes me sleepy. (Pelajaran membosankan ini membuatku ngantuk.)

adjectives ending in ED and INGSudah lebih paham? Good. Supaya lebih mahir, saya beri contoh dengan memasukkan kedua bentuk akhiran di atas pada contoh kalimat-kalimat berikut;

  • My brother is tired because his summer camp was tiring. (Kakakku lelah karena camp musim panasnya melelahkan.)
  • The concert is amazing. I am very amazed. (Konser tersebut mengesankan. Saya sangat terkesan.)
  • Horror movies are frightening. My little sister is always frightened. (Film-film horor itu menakutkan. Adik perempuanku selalu ketakutan.)
  • Your score is satisfying, Bill. Your mother will be satisfied. (Skormu memuaskan, Bill. Ibumu akan puas.)
  • I was confused by the confusing teacher's explanation in the Physics class yesterday. (Saya bingung oleh penjelasan guru yang membingungkan di kelas Fisika kemarin.)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *