11 Jurus Belajar Bahasa Inggris – 4 Minggu Bicara

Belajar bahasa Inggris

Andaikan kemampuan bahasa Inggris Anda itu saya umpamakan dengan kondisi batere ponsel, manakah yang paling tepat untuk menggambarkannya: Fully charged, setengah daya, cuma 1/4, atau megap-megap? Atau bahkan, mati pettt??

Hehehe...

belajar bahasa inggrisApapun alasan Anda untuk belajar bahasa Inggris, saya yakin ada satu benang merah antara Anda dan orang lain yang belajar: pengen cepat bisa!

Kalau memungkinkan, satu jam saja belajarnya, dan Anda sudah bisa ngomong Inggris. Begitu ya πŸ™‚

Bisa?

Bisa saja. Why not? Kalau ada kemauan pasti ada jalan.

Tapi...

Ngomong bahasa Inggris seperti apa yang bisa Anda capai dalam satu jam itu? Jika Anda sudah mempunyai cukup dasar, mungkin tidak masalah. Tapi kalau kemampuan Anda masih benar-benar nol, maka target satu jam bicara agak terbatas pencapaiannya. Tetap bisa, asal sesuai tingkatan dan target tertentu (level basic).

Idealnya belajar bahasa Inggris dilakukan setiap hari. Minimal 3 jam sehari. Idealnya lho ya. Kalau anak-anak biasanya relatif lebih cepat durasinya.

Kalau hanya seminggu sekali, dan itupun hanya sejam tiap kalinya, agak susah dan agak lama menguasai bahasa Inggrisnya.

Jadi saya tekankan lagi di sini. Kalau Anda ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat, mau tidak mau Anda harus berkorban. Ya, berkorban. Berkorban apa? Berkorban waktu minimal.

Maksudnya?

Anda harus ikhlas meluangkan waktu minimal satu jam satu hari untuk belajar. Kapan waktu yang tepat? Ya seluang waktu Anda. Bisa pagi setelah bangun tidur, siang setelah makan siang atau malam hari sebelum tidur. Kuatkan motivasi Anda tiap kalinya.

Kalau lebih dari satu jam belajarnya? Ya, jelas lebih baik lagi. Empat minggu bicara bahasa Inggris bisa dicapai.

Nah, sejalan dengan hal tersebut saya ingin membagikan 11 kiat-kiat atau jurus belajar bahasa Inggris cepat.

Anda bisa menerapkan seluruh 11 jurus ini. Lebih baik. Tapi, menerapkan beberapa di antaranya juga sudah cukup. Silakan pilih yang paling relevan dengan kondisi Anda.

Anda sudah siap?

Okay, berikut saya tuliskan 11 jurus belajar bahasa Inggris cepat:

1. Write your strongest motivation (Tulis motivasi terkuat Anda)

Jurus pertama untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat tidak lain adalah motivasi Anda sendiri.

Apa tujuan utama Anda belajar bahasa Inggris ini? 'Oh, saya mau diberangkatkan kantor ke Amerika untuk pelatihan tahun depan.' Atau: 'Saya pengen bisa jalan-jalan keluar negeri sendiri.' Atau bahkan: 'Kan saat ini banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan bahasa Inggris. Jadi saya harus bisa.'

Bermacam-macam alasan dan tujuan.

Kalau sudah tahu motivasi terkuat Anda, segera tulis besar-besar motivasi tersebut di buku catatan Anda. Tempel gambar-gambar yang berhubungan dengan motivasi Anda tersebut di sekitar Anda.

belajar bahasa inggrisContohnya begini: Pasang wallpaper patung Liberty di layar ponsel Anda kalau Anda ingin ke Amerika.

Atau jika mimpi Anda adalah berlibur ke Australia, tulis besar-besar di kertas A3 lalu pasangΒ di pintu kamar Anda: 'AUSTRALIA, I'M COMING!!' (misalnya), lengkap dengan gambar Gedung Opera House Sydney-nya atau kanguru-kangurunya.

Itu akan membuat rencana atau mimpi Anda linier alias sejalan. Jadi setiap kali Anda melihatnya, Anda akan memantikkan hasrat kuat belajar bahasa Inggris kembali. Pemasangan gambar-gambar yang berhubungan ini dinamakan juga teknik visualisasi.

2. Read, read, read. (Baca, baca, baca)

Jurus selanjutnya belajar bahasa Inggris tidak lain tidak bukan adalah: Membaca. Ya, ini jurus yang juga mudah dilakukan. Membaca apa? Apa saja yang Anda suka. Karena dengan demikian Anda akan menikmati 'proses belajar' tersebut.

  • Membaca komik. Untuk sebagian orang, komik adalah aktivitas menghabiskan waktu yang menyenangkan.

belajar bahasa inggris gratisNah, untuk mendukung belajar bahasa Inggris lebih cepat, mulai sekarang pilihlah komik yang Anda suka yang tentunya menggunakan bahasa Inggris. Sambil menyelam minum air.

Anda bisa membaca komik bahasa Inggris yang offline atau online yang telah banyak bertebaran di internet.

Siapkan kamus bahasa Inggris, boleh versi cetak ataupun digital di smartphone Anda. Sehingga ketika ada kata-kata atau kalimat yang belum Anda pahami, langsung bisa dicari artinya di kamus tersebut.

  • Membaca novel. Pada dasarnya sama dengan komik. Anda bisa memilih jenis novel yang Anda suka, selama bahasanya adalah bahasa Inggris.

belajar bahasa inggris readingJangan lupa siapkan kamus di dekat Anda. Yang paling gampang adalah kamus online (bisa Anda download ke smartphone Anda).

  • Membaca koran atau majalah. Berita-berita cetak paling update biasanya ada di koran dan majalah. Betul ya? Beberapa orang malah menganggap membaca koran seperti sarapan pagi.

Nah, untuk belajar bahasa Inggris relatif lebih cepat, pilihlah koran atau majalah yang berbahasa Inggris. Biasanya grammar yang dipakai di dua media ini sudah bagus dan tertata baik. Dan juga, kosakata-kosakata baru yang ada di dalamnya pasti membuat perbendaharaan kata Anda meningkat pesat.

Ada beberapa media yang bisa Anda pakai untuk belajar, contohnya: The Jakarta Post, Republika Online versi Bahasa Inggris, Majalah Tempo versi bahasa Inggris, ataupun koran online The Jakarta Globe.

3. Watch movies (Nonton film)

Penggemar film atau movie mania pasti suka dengan jurus ini. Telah banyak media visual saat ini yang bisa kita pakai. Contohnya: Bioskop, DVD, BluRay, online movies, dan lainnya.

Dari beberapa media tersebut, saya sarankan Anda memilih DVD original atau BluRay movies. Kenapa? Karena keduanya memiliki English subtitle (teks yang ada di bagian bawah film).

Kenapa harus original atau asli?

Karena pada film-film bajakan, subtitle atau teks terjemahannya banyak yang amburadul. Apa yang tampil di layar tidak sesuai dengan apa yang diucapkan aktor atau aktris di film tersebut. Malah bikin bingung. Jadi, jangan gunakan bajakan. Pilih DVD yang original.

Lanjut ya.

Jika penguasaan vocabulary Anda cukup banyak, usahakan mematikan fitur subtitle ini dulu.

belajar bahasa inggris moviesFokuslah kepada apa yang diomongkan oleh aktor, aktris ataupun karakter di film tersebut. Ini akan melatih kemampuan listening Anda. Bagaimana mereka mengucapkan sebuah kata atau kalimat.

Dengan non-aktifnya fitur subtitle, telinga akan menjadi lebih peka dan fokus dalam menebak kata-kata apa yang baru didengarkan di film tadi. Mata Anda tidak akan 'tergoda' untuk membaca subtitle-nya.

Cara ini selaras dengan tumbuh kembang seorang bayi dalam belajar berkomunikasi. Mendengar dulu. Kemudian baru menirukan. Betul ya?

Bagaimana jika saya masih pemula? Film apa yang harus saya lihat dan apakah saya harus menon-aktifkan subtitle-nya juga?

Pembelajar yang baik,

Apabila Anda masih merasa ragu dengan perbendaharaan kata yang Anda miliki, mulailah dengan film-film anak-anak. Karena di film anak-anak, kosakata yang dipakai tidaklah serumit film remaja atau dewasa. Kalimat yang dipakai juga tidak terlalu panjang-panjang.

Okay, jadi teknisnya begini:

Langkah pertama: Cari film favorit Anda. Pilih yang kira-kira sesuai dengan level Anda dulu. Usahakan Anda sudah pernah menonton sebelumnya. Jadi Anda sudah mengerti jalan ceritanya. Jadi pada saat menonton, Anda tinggal fokus kepada percakapan di dalamnya.

Langkah kedua: Jika Anda sudah mempunyai dasar-dasar bahasa Inggris yang agak lumayan, matikan atau non-aktifkan fitur subtitle di film tersebut. Jadi sampai film berakhir, Anda mau tidak mau hanya mendengarkan apa yang diucapkan atau yang terdengar di film tersebut. Tidak usah melihat kamus dulu. Fokus ke film-nya. Dengarkan dan coba pahami percakapannya. Tirukan. Kalau ada yang tidak Anda mengerti, pause, rewind atau ulangi ke bagian yang Anda belum mengerti tadi, lalu play dengarkan kembali.

Langkah ketiga: Ulangi langkah kedua. Putar sekali lagi film tersebut. Tetap matikan subtitle-nya. Biasanya Anda akan mulai lebih mengerti, meski masih menebak-nebak. Tidak apa-apa. Teruskan.

Langkah keempat: Di langkah ini Anda nyalakan fitur subtitle bahasa Inggris-nya (Ingat: bahasa Inggris ya, bukan bahasa Indonesia). Tonton film tersebut sekali lagi. Kali ini kemungkinan mata Anda akan cenderung melihat subtitle-nya. Tidak apa-apa. Khususnya pada bagian atau adegan dimana sebelumnya Anda kurang bisa paham dengan apa yang terdengar. Dengan adanya subtitle sekarang, Anda akan lebih paham apa yang diucapkan di film tersebut.

Langkah kelima: Ulangi langkah keempat.

Langkah keenam: Kali ini Anda boleh menyalakan fitur subtitle bahasa Indonesia-nya. Karena pada tahapan ini Anda telah mengerti dengan baik jalan cerita film tersebut dan beberapa atau sebagian besar vocabulary yang ada di film itu. Jika ada yang belum Anda pahami, teks terjemahan bahasa Indonesianya akan membantu Anda.

Waah, lama donk yaa πŸ™‚

Pembaca yang baik, untuk menghindari rasa jenuh dan frustasi waktu menonton, coba bagi waktu menontonnya dalam 30 menit'an. Jadi setiap 30 menit Anda istirahat. Minum-minum, makan snack, jalan-jalan ke taman sebentar, atau apapun yang membuat Anda rileks kembali. Setelah itu baru melanjutkan menonton dan belajarnya.

Nah, bagaimana, menyenangkan ya belajar bahasa Inggris dengan nonton film? πŸ™‚

Supaya Anda tidak jenuh dan tetap semangat, di awal-awal Anda belajar, pilihlah film-film berbahasa Inggris berdurasi pendek.

Beberapa film modern yang direkomendasikan untuk belajar bahasa Inggris antara lain: 'The Social Network' (2010), 'The Hangover' (2009), 'The Hunger Games' (2012), 'Toy Story' (1995), 'Cast Away' (2000), 'Twilight' (2008).

4. Play MMO games (Bermain game MMO)

Apa itu game MMO? Well, pengertian game MMO (Massively Multiplayer Online) adalah sebuah permainan yang melibatkan ratusan atau bahkan ribuan pemain secara online (bisa dari berbagai negara) dalam waktu bersamaan secara interaktif untuk mencapai level tertentu atau menyelesaikan sebuah misi.

Jadi para player atau pemain game tersebut ketika bermain saling berkomunikasi, bisa melalui ketikan di keyboard komputer atau langsung berbicara via headset.

belajar bahasa inggris mmo gamesGames-nya sendiri bisa game strategi, drama, perang, dan lainnya.

Anda yang sedang mendalami bahasa Inggris, saya sarankan untuk mencobanya. Seru!

Pilih untuk bermain dengan player yang berasal dari negara yang berbahasa Inggris. Jadi bisa dikatakan Anda langsung belajar berbicara dengan native speaker! Gratis! Hehe.

Biasanya anak-anak muda senang menerapkan jurus ini. Bermain sambil belajar. Tapi tidak menutup kemungkinan buat Anda yang meskipun merasa tidak muda lagi, tapi tetap ingin mencobanya. Bahkan tahukah Anda, kalau game MMO juga banyak dimainkan oleh orang-orang dewasa? Try it!

Beberapa game MMO yang bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris: World of Warcraft, RF Online, Guild Wars, The Elder Scrolls Online, Point Blank, ataupun Idol Street.

5. Have an online pen-pal (Miliki sahabat pena online)

Sahabat pena online di sini maksudnya Anda berinteraksi dengan seorang teman dari negara berbahasa Inggris dengan menggunakan media tulisan: email atau chat misalnya.

belajar bahasa inggris penpalSaat ini banyak orang Indonesia yang memiliki sahabat pena dari luar negeri. Dan ada cerita, saking dekatnya, ada online pen-pal yang datang jauh-jauh dari Swedia untuk menghadiri pernikahan sahabat pena Indonesianya. Keren!

Ada banyak website yang memfasilitasi online pen-pal ini. Pilih yang paling cocok menurut Anda.

Ketikkan saja di halaman Google: "online pen-pal", segera akan muncul situs-situs pertemanan online. Anda juga bisa mencoba situs-situs pertemanan pen-pals seperti: Interpals, Hi! PenPal! atau Penpal Garden.

Teknisnya,

Anda menulis surat elektronik atau chat kepada teman online Anda itu, lalu dia akan menulis balik. Apapun bisa Anda ceritakan atau utarakan kepada sahabat pena online Anda itu selama tidak bertentangan dengan aturan dari website pen-pal itu sendiri.

6. Make friends (Berteman)

Membanjirnya media sosial saat ini menjadi keuntungan tersendiri untuk orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris.

belajar bahasa inggris friendsSitus-situs pertemanan seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lainnya diserbu oleh kalangan berbagai usia.

Lalu bagaimana caranya belajar bahasa Inggrisnya?

Mudah saja.

Cari atau follow orang-orang dari negara berbahasa Inggris yang Anda minati. Bertemanlah dengan mereka. Ajak berinteraksi. Dengan berbahasa Inggris tentunya. Kalau ndak, ya mereka tidak mengerti kan hehe.

Enaknya, buat Anda yang masih pemula, ungkapan atau pertanyaan dasar seperti "Hi, what's your name?", "How are you?", "Where do you live?" bisa Anda pakai. Setelah itu percakapan bisa Anda lanjutkan sesuka hati.

Jika selama ini Anda posting di Facebook atau ngetwit di Twitter memakai bahasa Indonesia, sekarang cobalah mengungkapkannya dalam bahasa Inggris. Biasanya itu akan memancing komentar teman-teman Anda dalam bahasa Inggris juga.

Namun, etika dalam bermedia sosial juga harus tetap Anda junjung tinggi ya. Selain itu pilihlah atau follow orang-orang yang memang terpercaya dan bisa menjadi partner Anda dalam mempelajari bahasa Asing, khususnya bahasa Inggris.

Selain dengan orang asing, Anda juga bisa belajar bareng teman-teman lokal alias orang Indonesia.

Banyak sekali kok anak-anak muda ataupun dewasa dari Indonesia yang jago ngobrol bahasa Inggris. Ajak mereka berlatih bersama. Buat group di aplikasi-aplikasi chatting semacam Whatsapp, Line. atau Telegram. Lalu berlatihlah sesering mungkin. Dengan demikian bisa saling mengkoreksi jika ada yang belum benar.

7. Sing songs (Menyanyikan lagu-lagu)

Jurus berikutnya adalah menyanyi.

Ya, menyanyi dalam bahasa Inggris bisa menjadi booster kemampuan berbahasa Inggris kita. Pelafalan yang tepat serta vocabulary dalam lagu tersebut akan menyempurnakan proses belajar bahasa Inggris.

belajar bahasa inggris singingPilih penyanyi atau band luar negeri yang Anda suka. Kemudian dengarkanlah lagu tersebut sambil menebak-nebak artinya. Ikutlah bernyanyi saat Anda sudah hapal.

Disini yang dilatih adalah kemampuan auditory (listening) Anda. Kalau ada beberapa kata yang belum paham, baca teks-nya. Cari artinya di kamus kalau perlu.

Ulangi terus sampai Anda benar-benar paham.

Lalu cari lagu yang lain. Bernyanyilah lagi.

8. Use online tools (Gunakan perangkat online)

Saat ini sudah banyak bertebaran perangkat-perangkat online untuk menunjang proses belajar bahasa Inggris kita.

belajar bahasa inggris flashcardsSeperti apa sih online tools itu?

Macam-macam.

Ada yang berbentuk pembelajaran via flashcardΒ (contohnya: aplikasi ANKI, bisa anda download di smartphone Anda). Ada juga yang berupa aplikasi telepon (contoh aplikasi: Memrise). Atau berupa perangkat belajar pronunciation (contoh aplikasi:Β Forvo )

Setelah Anda meng-instal aplikasi tersebut, jangan lupa, yang lebih penting: terapkan. Gunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

9. Travel to English-speaking countries (Bepergian ke negara-negara berbahasa Inggris)

Bepergian ke negara-negara berbahasa Inggris adalah salah satu jurus dahsyat untuk belajar bahasa Inggris.

Kekurangannya adalah biayanya cukup menguras kantong. ^ ^'

Tapi dampaknya jangan ditanyakan. Dahsyat!

Dengan catatan, Anda menetap di sana dalam kurun waktu yang agak lama. Paling tidak satu bulan menurut pengalaman saya dan murid-murid saya. Dan di sana memang diniatin belajar bahasa Inggris. Fokus.

Kalau sekalian menetap agak lama bagaimana? Jelas lebih dahsyat lagi - dan butuh duit lebih banyak lagi pastinya hehehe... Kecuali Anda dapat beasiswa atau disponsori kantor Anda πŸ˜€

But it's worth it.

Mengapa?

belajar bahasa inggris travelKarena dari bangun tidur sampai tidur lagi kita 'dipaksa' untuk ngomong bahasa Inggris. Iya donk, kalau tidak begitu, mana ngerti mereka orang-orang bule itu. Ya, kan?

Awal-awal kita mungkin perlu beradaptasi. Pasti. Seperti kultur mereka, aksen mereka, sampai istilah-istilah khusus di daerah mereka. Meskipun sebagian besar kata-katanya sama sesuai standar bahasa Inggris internasional.

Saya jadi teringat kisah salah satu teman saya waktu dia pergi ke Amerika pertama kali.

Sebut saja namanya Mr Andik.

Saat itu Mr Andik mengambil program short course di sana. Dan di akhir bulan pertamanya tinggal, dia ingin menabungkan sisa uangnya ke salah satu bank di Chicago. Singkat cerita, pergilah dia ke salah satu bank di dekat apartemennya.

belajar bahasa inggrisDi dalam bank customer service bertanya: 'Good morning, can I help you?'

Mr Andik pun menjawab: 'Yes, I want to save my money here. But, I want to ask something first.'

Customer service merespon: 'Sure, Sir. What is it?'

Pada waktu itu Mr Andik ingin menanyakan berapa bunga bank di bank tersebut. Tanpa berpikir panjang lagi, Mr Andik bertanya dengan yakin: 'How many flowers?'

πŸ˜€ πŸ˜€ Hehehe....

Alhasil, si customer service hanya bisa melongo bingung: 'Excuse me, what do you mean, Sir?'

Mr Andik tetap ngotot: 'The flowers. How many flowers??'

Hahaha....

Ya, alih-alih memakai kata 'interest', Mr Andik malah menggunakan kata 'flower' yang memang terjemahan keduanya dalam bahasa Indonesia adalah 'bunga', tapi maksud dan arti keduanya jauh berbeda.

Kata 'flower' bermakna bunga (yang ada di halaman rumah kita biasanya).

Sedangkan 'interest' bermakna bunga bank.

Jadi yang benar seharusnya Mr Andik bertanya demikian: 'How much is the interest?' πŸ™‚

Tapi tidak apa-apa. Saya tetap mengapresiasi apa yang dilakukan teman saya itu. Dia berani. Itu dulu yang penting. Kalau salah, ya dikoreksi. Karena banyak dari kita yang merasa sudah mampu, tapi tidak berani ngomong. Takut salah.

Well, kita kembali lagi ke pokok bahasan ya. Meskipun traveling-nya hanya dalam tempo singkat, katakanlah liburan seminggu ke Australia, tetap bisa kita jadikan ajang belajar bahasa Inggris.

Contoh: Menanyakan arah jalan atau sebuah tempat seperti stasiun bis, restoran, dan lain-lain. Atau mungkin juga Anda sedang berbelanja dan ingin menawar harga sebuah barang.

Usahakan aktif ngomong selagi di sana. Kapan lagi, ya kan?

Sebelum berangkat, catat percakapan atau kalimat apa saja yang mungkin Anda pakai sewaktu di luar negeri. Lalu instal kamus di ponsel Anda.

10. Take a course (Mengambil kursus)

Jurus berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengambil kursus bahasa Inggris. Terserah Anda, mau kelas kelompok atau private. Dalam hal ini, Anda harus memiliki dan bisa meluangkan waktu untuk kursus tersebut.

belajar bahasa inggris courseDengan mengikuti kelas kursus formal, Anda akan belajar bahasa Inggris secara teratur.

Pendalaman grammar dan vocabulary dapat Anda pelajari dalam situasi interaktif dengan teman dalam kelas ataupun dengan guru.

Peningkatan level Anda dari pemula ke menengah, ataupun menengah ke tingkat lanjut bisa dipantau secara lebih akurat melalui beberapa test yang diadakan lembaga kursus tersebut.

Apakah harus demikian?

Tidak selalu.

Semuanya tergantung Anda juga. Jika Anda punya cukup waktu dan motivasi belajar sendiri, go ahead! Banyak yang berhasil belajar bahasa Inggris secara mandiri. Secara offline dan atau online.

Kursus bahasa Inggris juga bisa dilakukan baik offline maupun online. Ada yang gratis maupun yang berbayar. Sekali lagi pilihan di tangan Anda.

11. Jason's Technique

Setelah Anda praktekkan sebagian besar atau bahkan semua jurus di atas, hal paling penting pada akhirnya adalah: praktek, praktek, praktek!

Ngomong. Bahasa Inggris. Anything, apapun. Kepada siapapun.

'Lho, kan saya masih baru mulai. Grammar belum sempurna. Vocab juga masih beberapa.'

Hmm.. alasan.

Saya jamin, mau setahun atau lima tahun belajar bahasa Inggris, kalau jawaban Anda tetap seperti itu, hasilnya: Nol besar! Percuma. Tidur saja.

Anda kalah dengan anak kelas 1 SD.

Maksudnya?

Saya mau cerita dulu ya.. Kisah yang saya alami beberapa tahun lalu waktu masih aktif menjadi pengajar.

Sebagai seorang former English teacher di sebuah sekolah national plus, saya mengalami beberapa kejadian unik yang menambah pengalaman dan ilmu mengajar yang saya dapat justru dari siswa-siswa saya sendiri.

Salah satunya adalah yang sampai saat ini saya kenang dan saya pakai setiap kali saya mengajar.

Teknik atau jurus ini bermula sekitar beberapa tahun lalu di kelas saya, kelas bahasa Inggris.

Saat itu saya sedang mengajar bahasa Inggris di sebuah sekolah national plus di Surabaya. Mayoritas siswanya adalah siswa-siswa lokal. Meski terdapat juga beberapa siswa dari luar negeri karena tugas orang tuanya waktu itu.

Nah, salah satu siswa di sana bernama Jason. Seorang anak first grader (kelas 1 SD) asal Surabaya Indonesia yang cukup aktif dan kreatif namun kemampuan bahasa Inggrisnya belum terlalu bagus.

Selama tiga hari Jason absen di kelas saya. Lalu ketika saya sedang mengajar, tiba-tiba ada yang mengetuk pintu, dan masuklah seorang anak ke dalam. It was Jason.

"Oh, hi Jason, come in." Saya mempersilakannya masuk.

illustration

"Good morning, teacher. Sorry, I'm late." Muka Jason tampak agak pucat, namun ekspresi semangat tetap bersinar di wajahnya.

"It's alright. What happened to you, Jason? You've been absent for three days." Saya kembali bertanya kepadanya.

Lalu dengan mimik muka semangat, Jason mulai bercerita: "Mmm..three days ago, I on my bike, and I hit tree. And my body on street. My head on street, too. And my nose have like water. The color is red. And I go home. And my body is hot."

Antara ingin tertawa dan kagum saya menatapnya. "Oh, Jason..." πŸ˜€ πŸ˜€

Sebuah cerita singkat berbahasa Inggris yang sederhana dari seorang anak 6 tahun tapi mampu membuat saya memahami apa yang ingin ia sampaikan.

Beberapa kosakata simpel namun mampu mencuatkan arti dan pemahaman kepada pendengarnya, saya.

Saya yakin Anda juga mengerti apa yang Jason ceritakan tadi. Dengan grammar dan vocabularies seadanya dia berusaha menceritakan sebuah kejadian yang menimpanya:

"...three days ago, I on my bike, and I hit tree." --> ...tiga hari lalu, aku bersepeda dan aku menabrak pohon.

"And my body on street. My head on street, too." --> Dan badanku ada di jalan. Kepalaku ada di jalan juga. (Maksudnya tubuhnya jatuh dan nyungsep) πŸ˜€

"And my nose have like water. The color is red." --> Dan hidungku ada sesuatu seperti air. Warnanya merah. (Maksudnya apa? Ya benar: hidungnya mimisan) πŸ˜€

"And I go home. And my body is hot." --> Dan aku pulang. Dan badanku panas.

Anda lihat di atas, Jason memakai kata-kata sederhana yang dia tahu, dan memakainya untuk mengutarakan maksudnya. Bagi saya, dia sudah berhasil. Berhasil berkomunikasi.

Ya, intinya berkomunikasi adalah saling menyampaikan maksud kepada lawan bicara. Selama dia dan kita paham, beres. Itu dulu yang penting. Pengayaan kosakata dan penyempurnaan grammar bisa ditata bertahap sambil proses belajar.

Namun penguasaan kosakata yang terbatas jangan sampai membuat kita berdalih: "Aduh, nanti aja deh speaking English-nya. Kan vocab-ku masih sedikit." Jangan ya. Ingat Jason. Gunakan jurus dia: Jason's technique.

Anda tahu, sudah banyak sekali siswa saya yang memakai teknik ini dan berhasil 'ngobrol ngalor-ngidul' dengan orang asing. πŸ˜€

Anda yang sedang membaca tulisan ini juga harus bisa. Harus.

Nah, pembelajar bahasa Inggris yang baik,

Demikian 11 jurus belajar bahasa Inggris cepat. Patokan 4 minggu bicara tidaklah baku. Jika Anda makin sering berlatih, saya yakin bisa lebih cepat. Demikian pula sebaliknya.

Surround your life with English. Kelilingi hari-hari Anda dengan bahasa Inggris. Cari teman-teman dengan minat yang sama. buat group belajar bahasa Inggris di Whatsapp, Line atau yang lainnya. Tonton film-film bahasa Inggris sebanyak-banyaknya. Follow teman-teman asing yang baik yang mau membantu Anda menguasai bahasa Inggris secara lebih baik.

Buat Anda yang masih belum bisa meluangkan waktu pergi ke tempat kursus, Anda bisa belajar bahasa Inggris secara offline dan gratis di sini bersama kami.

Silakan simak pelajaran bahasa Inggris yang di-update secara berkala yang dikemas praktis, mudah dan menyenangkan di halaman berikut:

Belajar bahasa Inggris Online

Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat juga untuk orang-orang dekat Anda, share ya.

Related Post

One thought on “11 Jurus Belajar Bahasa Inggris – 4 Minggu Bicara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *